Saturday, February 27, 2016

Petuah harian ke-55 : Kesabaran Tanpa Batas Orangtua, melahirkan Sufisme Cinta Rabiah Al-Adawiyah

 

Petuah Singkat SUFI Agung

Petuah harian ke-55

🐬

~Kesabaran Tanpa Batas Orangtua, melahirkan Sufisme Cinta Rabiah Al-Adawiyah~

🌾Rabiah al-Adawiyah, lahir tahun 105 H dan wafat 185 H, lahir dan besar di kota Bashrah, Iraq.

🌾Rabiah mempunyai makna harfiah sebagai empat. Rabiah adalah anak keempat yang dilahirkan dari orang tua yang miskin. Mereka tidak biasa mengeluh pada siapapun. Bilapun kekurangan menimpa keluarganya, biasanya mereka akan bermunajat atau meminta permohonan kepada Allah SWT sebagai pemilik segala sesuatu.

🌾Karena teramat miskinnya, saat kelahiran Rabiah, ayahnya Ismail hanya menemani istrinya di pembaringan. Tidak tahu harus berbuat apa, uang pun juga tidak ada. Bahkan makanan yang dimiliki hanya sedikit untuk kebutuhan beberapa hari bagi seluruh keluarganya. Penghasilan dari usahanya tidak seberapa, meskipun begitu rahmat Allah SWT tersebut diterimanya dengan lapang dada.

🌾Ismail awalnya berharap anak laki-laki yang lahir, agar dapat membantu perekonomian keluarga, tapi tidak disangka malah anak perempuan yang dianugerahkan Allah SWT kepada dirinya.

🌾Kondisi orang tua Rabiah yang sangat miskin, hingga minyak sbg persediaan dapur dan bahan penerangan rumah pun tidak ada. Tidak hanya itu, kain yang harus membungkus Rabiah pun dari kain bekas istri Ismail.

🌾Dari ketidakberdayaan tsb, istrinya meminta suaminya untuk meminjam sedikit minyak kepada tetangga, tapi ayah Ismail telah memutuskan hasrat hidupnya utk tdk bergantung kpd siapapun kecuali kepada Allah SWT. Ia tidak pernah meminta-minta kepada makhluk.

🌾Namun demikian, menurut riwayat, untuk memenuhi hasrat istrinya tsb, Ismail (pura") pergi ke rumah tetangga. Hingga sampai ke pintu rumah tetangganya, ia kembali pulang ke rumah dengan tangan kosong.

🌾Atas kesedihan yang dialami tersebut Ismail bermimpi di malam hari didatangi Baginda Nabi Muhammad SAW. Dalam mimpinya Nabi SAW mengatakan agar Ismail tidak bersedih karena Rabiah akan menjadi seorang wanita yang mulia dan akan ada banyak orang yang mengharap syafaatnya. Dari mimpi tersebut Ismail menjadi lega, karena apa yang dikahwatirkan sudah ditanggung oleh Allah SWT.

🌾Dalam mimpi Ismail, Nabi Muhammad SAW mengatakan,
"Janganlah bersedih hati, sebab anak perempuanmu yang baru lahir ini adalah seorang suci yang agung, yang pengaruhnya akan dianut oleh 7.000 umatku."

🌾Atas kesabaran orang tua Rabiah menghadapi kemiskinan, dan terutama keengganan ayah Rabiah untuk tidak menggantungkan persoalan dan kebutuhan hidup kepada selain Allah SWT, lahirlah seorang Sufi agung perempuan Rabiah Al-Adawiyah yang dikatakan oleh banyak pemikir tasawuf sebagai perintis aliran tasawuf dengan pendekatan cinta.

🌾Mayoritas ulama, baik yang menggeluti keilmuan Islam dan tasawuf di Timur Tengah, adalah laki-laki. Adanya Rabiah al-Adawiyah sebagai "kiblat" penyanggah ilmu tasawuf seakan-akan "menisbikan" kaum laki-laki. Bahwa ulama bisa lahir dari kaum mana saja, baik laki-laki maupun perempuan. Rabiah seakan menjadi tonggak keilmuan yang bersumber dari seorang perempuan.

🌾Sufisme Cinta bagi Rabiah merupakan jalan untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Kekasih, yakni Allah SWT. Secara tidak langsung Rabiah mengajarkan manusia untuk meluapkan rasa cinta dalam beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

🌾Banyak karya cinta yang telah ditelorkan Rabiah. Bagi Rabiah menghadirkan cinta ialah menghadirkan kefanaan diri pada sosok yang dicinta. Ia bahkan "berani" tidak mendapatkan apa-apa, sebagaimana orang awam yang mengharapkan surga dan pahala. Dalam konsep cintanya, Rabiah hanya ingin berada terus di dekat Sang Maha Cinta.

🌾Berikut salah satu puisi cinta Rabiah yang mengguncang jagad makrifat, menginspirasi para Sufi madzab cinta generasi setelahnya :

💕Aku mengabdi kepada Tuhan
💕Bukan karena takut neraka
💕Bukan pula karena mengharap masuk surga
💕Tetapi aku mengabdi,
💕Karena cintaku padaNya
💕Ya Allah, jika aku menyembahMu
💕Karena takut neraka, bakarlah aku di dalamnya
💕Dan jika aku menyembahMu
💕Karena mengharap surga, campakkanlah aku darinya
💕Tetapi, jika aku menyembahMu
💕Demi Engkau semata,
💕Janganlah Engkau enggan memperlihatkan keindahan wajahMu
💕Yang abadi padaku


🐝

SIRR✨SUFI Islam Ramah

Ini adl Group Khusus
SIRR ONLINE🌙247

#Jaga HATI online dengan Allah, nonstop 24 jam, 7 hari


أَللهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِهِ وَ صَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ 🌳🍃🌴

No comments:

Post a Comment