Saturday, February 27, 2016

Inilah Dalilnya : Sedekah Untuk Yang Telah Meninggal Dunia



๐ŸŒธ Selain doa,sedekah dg niatan untuk orang yg telah meninggal dunia juga akan sampai dan bermanfaat baginya. Dari Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma,
ุฃَู†َّ ุณَุนْุฏَ ุจْู†َ ุนُุจَุงุฏَุฉَ – ุฑุถู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ – ุชُูˆُูِّูŠَุชْ ุฃُู…ُّู‡ُ ูˆَู‡ْูˆَ ุบَุงุฆِุจٌ ุนَู†ْู‡َุง ، ูَู‚َุงู„َ ูŠَุง ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ ุฅِู†َّ ุฃُู…ِّู‰ ุชُูˆُูِّูŠَุชْ ูˆَุฃَู†َุง ุบَุงุฆِุจٌ ุนَู†ْู‡َุง ، ุฃَูŠَู†ْูَุนُู‡َุง ุดَู‰ْุกٌ ุฅِู†ْ ุชَุตَุฏَّู‚ْุชُ ุจِู‡ِ ุนَู†ْู‡َุง ู‚َุงู„َ « ู†َุนَู…ْ » . ู‚َุงู„َ ูَุฅِู†ِّู‰ ุฃُุดْู‡ِุฏُูƒَ ุฃَู†َّ ุญَุงุฆِุทِู‰ ุงู„ْู…ِุฎْุฑَุงูَ ุตَุฏَู‚َุฉٌ ุนَู„َูŠْู‡َุง
“Sesungguhnya Ibu dari Sa’ad bin Ubadah radhiyallahu ‘anhu meninggal dunia, sedangkan Sa’ad pada saat itu tidak berada di sampingnya. Kemudian Sa’ad mengatakan, ‘Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibuku telah meninggal, sedangkan aku pada saat itu tidak berada di sampingnya. Apakah bermanfaat jika aku menyedekahkan sesuatu untuknya?’ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ‘Iya, bermanfaat.’ Kemudian Sa’ad mengatakan pada beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Kalau begitu aku bersaksi padamu bahwa kebun yang siap berbuah ini aku sedekahkan untuknya’.(HR. Bukhori,Tirmidzi,Abu Dawud dan Ahmad).

๐Ÿ€ Dalam shahih muslim:

ุฅِู†َّ ุฃُู…ِّูŠَ ุงูْุชُู„ِุชَุชْ ู†َูْุณَู‡َุง ูˆَู„َู…ْ ุชُูˆุตِ، ูˆَุฃَุธُู†ُّู‡َุง ู„َูˆْ ุชَูƒَู„َّู…َุชْ ุชَุตَุฏَّู‚َุชْ، ุฃَูَู„َู‡َุง ุฃَุฌْุฑٌ، ุฅِู†ْ ุชَุตَุฏَّู‚ْุชُ ุนَู†ْู‡َุง؟ ู‚َุงู„َ: «ู†َุนَู…ْ ุชَุตَุฏَّู‚ْ ุนَู†ْู‡َุง»
“Ibuku mati mendadak, sementara beliau belum berwasiat. Saya yakin, andaikan beliau sempat berbicara, beliau akan bersedekah. Apakah beliau akan mendapat aliran pahala, jika saya bersedekah atas nama beliau?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Ya. Bersedekahlah atas nama ibumu.”

๐Ÿ“• Dalam hadits diatas jelas bahwa Rasulullah mengizinkan dan menyatakan bahwa pahala sedekah anak untuk orang tuanya yg telah meninggal dunia akan dicatat sebagai pahala sedekah orang tuanya pula.

ูˆุงู„ู„ู‡ ุงุนู„ู…....
Dinukil dari buku "Inilah Dalilnya" oleh Habib Novel Alaydrus

๐Ÿ“š๐ŸŽ‹๐ŸŽ‹๐ŸŽ‹๐ŸŽ‹======๐ŸŽ‹๐ŸŽ‹๐ŸŽ‹๐ŸŽ‹๐Ÿ“š

No comments:

Post a Comment