Friday, February 26, 2016

Inilah Dalilnya : Manfaat Amal Orang Lain Untuk Yang Meninggal



๐Ÿ“œ Dalam hadits yg berkenaan dengan 3 hal yg akan mengalirkan pahala seseorang setelah ia meninggal dunia,jelas disebutkan bahwa doa anak saleh akan sampai kepada kedua orang tuanya. Seseoranh yg memiliki anak kemudian dididiknya hingga menjadi anak yg saleh maka setiap kali sang anak beramal saleh,orang tuanya akan ikut menikmati hasil pahalanya juga tanpa mengurangi pahala si anak. Seorang anak saleh akan memanjatkan doa untuk kebahagiaan orang tuanya di alam barzakh dg ikhlas.

๐Ÿ Meskipun doa anak saleh disebut secara khusus dalam hadits diatas akan tetapi bukan berarti bahwa hanya doa anak yg saleh yg diterima dan bisa sampai kepada orang tuanya yg telah meninggal dunia. Pengertiannya adalah bahwa dari berbagai doa orang,maka doa anaklah yg paling utama. Sebab seorang anak dengan orang tuanya memiliki hubungan batin yg teramat kuat. Doa yang dipanjatkan orang lain selain anak,tentu tetap diterima Allah dan bahkan bisa menambah kenikmatan kubur. Allah mewahyukan:

ูˆุงู„ุฐูŠู† ุฌุงุกูˆุง ู…ู† ุจุนุฏู‡ู… ูŠู‚ูˆู„ูˆู† ุฑุจู†ุง ุงุบูุฑุจู†ุง ูˆู„ุฅุฎูˆุงู†ู†ุง ุงู„ุฐูŠู† ุณุจู‚ูˆู†ุง ุจู„ุฅูŠู…ุงู† ูˆู„ุง ุชุฌุนู„ ููŠ ู‚ู„ูˆ ุจู†ุง ุบู„ุง ู„ู„ุฐูŠู† ุฃู…ู†ูˆุง ุฑุจู†ุง ุฅู†ูƒ ุฑุกูˆู ุฑุญูŠู…
"Dan orang-orang yg akan datang sesudah mereka (sesudah kaum muhajir dan anshar),mereka berdoa:'Wahai Tuhan kami,ampunilah kami dan saudara-saudara kami yg telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau jadikan dalam hati kami perasaan dengki terhadap orang-orang beriman. Wahai Tuhan kami,sesungguhnya Engkau Maha Pengasih dan Maha Penyayang."(QS. Al-Hasyr,59:10).

๐Ÿ“„ Dalam sunan Dawud disebutkan bahwa Amirul Mukminin Utsman bin Affan berkata,"Dahulu setelah jenazah dikebumikan,Rasulullah berdiri didepan makam dan bersabda:

ุฅุณุชุบูุฑูˆุง ู„ุฃุฎูŠูƒู… ูˆุณู„ูˆุงู„ู‡ ุจุงู„ุชุซุจูŠุช ูุฅู†ู‡ ุงู„ุขู† ูŠุณุฃู„
"Mintakan ampun saudara kalian ini dan berdoalah agar ia diteguhkan (dalam menjawab pertanyaan malaikat),sebab saat ini dia sedang ditanya."(HR. Abu Dawud).
Ayat dan hadits diatas jelas mengajarkan agar kita memanjatkan doa dan istighfar memohonkan ampun bagi saudara-saudara kita yg telah meninggal dunia.

๐ŸŒณ Sholat jenazah juga membuktikan bahwa seseorang bisa mendapatkan tambahan pahala dan ampunan berkat orang lain. Sebagaimana kita ketahui,setiap kali ada muslim yg meninggal dunia sebagaian dari kita wajib untuk mensholatkannya. Sholat jenazah salah satu bentuk doa dan permohonan ampun yg kita persembahkan bagi saudara kita. Kalau amal orang laib tidak bermanfaat buat jenazah maka bukankah seharusnya tidak ada syariat sholat jenazah? Salah satu doa sholat yg diajarkan Rasulullah:

ุงู„ู„ู‡ู… ุงุบูุฑู„ู‡ ูˆุงุฑุญู…ู‡،ูˆุงุนู ุนู†ู‡ ูˆุนุงูู‡،ูˆุฃูƒุฑู… ู†ุฒู„ู‡،ูˆูˆุณุน ู…ุฏุฎู„ู‡،ูˆุงุบุณู„ู‡ ุจู…ุงุกูˆุซู„ุฌ ูˆุจุฑุฏ،ูˆู†ู‚ู‡ ู…ู† ุงู„ุฎุทุงูŠุง ูƒู…ุง ูŠู†ู‚ู‰ ุงู„ุซูˆุจ ุงู„ุฃุจูŠุถ ู…ู† ุงู„ุฏู†ุณ،ูˆุฃุจุฏู„ู‡ ุฏุงุฑุง ุฎูŠุฑุง ู…ู† ุฏุงุฑู‡،ูˆุฃู‡ู„ุง ุฎูŠุฑุง ู…ู† ุฃู‡ู„ู‡،ูˆุฒูˆุฌุง ุฎูŠุฑุง ู…ู† ุฒูˆุฌู‡،ูˆู‚ู‡ ูุชู†ุฉุงู„ู‚ุจุฑ ูˆุนุฐุงุจ ุงู„ู†ุงุฑ
"Ya Allah ampunilah dosanya,sayangilah dia,maafkanlah dia,sehatkanlah dia,muliakanlah tempat tinggalnya,luaskanlah kuburannya,mandikanlah dia dengan air,es dan embun,bersihkanlah dari segala kesalahan sebagaimana kain putih bersih dari kotoran,berilah dia tempat tinggal yg lebih baik dari tempat tinggalnya,keluarga yg lebih baik dari keluarganya,pasangan yg lebih baik dari pasangannya dan peliharalah dia dari siksa kubur dan siksa neraka."(HR. Muslim).

๐ŸŒธ Adapun manfaat sholat jenazah bagi yg telah meninggal dunia telah disebutkan Rasulullah dalam berbagai hadits,diantaranya:

ู…ุงู…ู† ู…ุณู„ู… ูŠู…ูˆุช ุบูŠุตู„ูŠ ุนู„ูŠู‡ ุซู„ุงุซุฉ ุตููˆู ู…ู† ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู† ุฅู„ุง ุฃูˆุญุจ
"Setiap muslim yg telah meninggal dunia dan kemudian disholatkan oleh 3 shaf muslim maka dia mendapat ampunan dan surga Allah."(HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).

ู…ุง ู…ู† ู…ูŠุช ุชุตู„ูŠ ุนู„ูŠู‡ ุฃู…ุฉ ู…ู† ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู† ูŠุจุจู„ุบูˆู† ู…ุงุฆุฉ ูƒู„ู‡ู… ูŠุดูุนูˆู† ู„ู‡ ุฅู„ุงุดูุนูˆุงููŠู‡
"Setiap mayat yg disholatkan oleh umat Islam yg jumlahnya mencapai 100 orang dan semuanya berdoa untuknya,niscaya doa mereka untuknya diterima."(HR. Muslim,Nasai dan Ahmad).

ู…ุง ู…ู† ู…ุณู„ู… ูŠู…ูˆุช ููŠู‚ูˆู… ุนู„ู‰ ุฌู†ุงุฒุชู‡ ุฃุฑุจุนูˆู† ุฑุฌู„ุง ู„ุง ูŠุดุฑูƒูˆู† ุจุงู„ู„ู‡ ุดูŠุฆุง ุฅู„ุง ุดูุนูˆุงููŠู‡
"Setiap muslim yg meninggal dunia dan disholatkan oleh 40 orang yg tidak menyekutukan Allah dg sesuatupun,maka doa mereka untuknya diterima Allah."(HR. Abu Dawud dan Ahmad).

๐Ÿ“‹ Beberapa hadits diatas dg jelas menyebutkan bahwa jenazah mendapat manfaat dari sholat dan doa umat Islam yg masih hidup. Bahkan ia mendapat ampunan dan surga.

ูˆุงู„ู„ู‡ ุงุนู„ู…...
๐Ÿ“š๐ŸŽ‹๐ŸŽ‹๐ŸŽ‹๐ŸŽ‹======๐ŸŽ‹๐ŸŽ‹๐ŸŽ‹๐ŸŽ‹๐Ÿ“š

No comments:

Post a Comment