Wednesday, February 24, 2016

Buat kawula muda pengamal thariqoh

  

Semoga saudara2 ruhani yang masih muda2 ini, usia sekitar 17-30 taun tapi sudah memilih bertariqah menjalani disiplin zikir, puasa, kajian rutin selalu istiqomah dalam proses menempa ruhani dan perjalanan ke dalam menuju Allah. Istiqomah jauh lebih penting daripada karomah.

Pesan seorang guru sufi terkemuka dari tanah afrika, istidraj bagi kaum arif adalah bangga terkagum2 dengan makrifatnya. Merasa sudah soleh, merasa sudah taat, merasa sudah kenal Tuhan, merasa ajaran tariqahnya lebih baik dari tariqah lain. Oleh karena itu teruslah jangan bergantung kepada amal (itimad alal a'mal) agar tidak mudah tergelincir. Rendahkan sayapmu kepada semua makhluk Allah. Tebarkan cahaya rahmat kepada siapapun.

Sayyiduna syeikh abu ali hasan assyadzili qaddasallah sirrahu berkata:  jadikanlah Alquran dan Sunnah sebagai timbangan untuk pengalaman ruhanimu.

Cintai dan hormati semua kekasih Allah.. bila bertemu kekasih Allah jangan lupa mohon doa kepada mereka dan bersikaplah dengan penuh adab. Jika bertemu dengan kekasih allah dengan kapasitas mursyidan jika namamu tidak ada di dalam daftar di nama2 muridnya yang telah ditentukan Allah maka tetap berlaku sopan dan mohon doa kepadanya agar segera dipertemukan dengan wali mursyidmu. Jika sudah bertemu dengan wali mursyidmu yang engkau telah digariskan menjadi muridnya maka ambillah jalanmu. Tapi ingat mukasyafah dan makrifah bukan tujuan. Tujuan hanya satu dimana tidak ada lagi yang pantas menjadi tujuan selainNya.

ust. Asnawi

No comments:

Post a Comment