Wednesday, January 13, 2016

Inilah Dalilnya : Mengaminkan Doa Orang Lain


๐Ÿƒ Mengaminkan doa merupakan salah satu sunnah Rasulullah yg telah membuat iri dan dengki orang-orang Yahudi. Dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda:

ู…ุงุญุณุฏุชูƒู… ุงู„ูŠู‡ูˆุฏ ุนู„ู‰ ุดูŠุก، ู…ุง ุญุณุฏุชูƒู… ุนู„ู‰ ุงู„ุณู„ุงู… ูˆุงู„ุชุฃู…ูŠู†
"Orang-orang Yahudi tidak merasa dengki kepada kalian,seperti kedengkian mereka kepada ucapan salam dan aamin kalian."
Sebenarnya hadits ini telah cukup menjadi dalil untuk mengaminkan doa orang lain,akan tetapi agar lebih mantap maka ada beberapa dalil lainnya:

๐Ÿ“• Dalil pertama, surat Yunus ayat 88-89 Allah mewahyukan:

ูˆู‚ุงู„ ู…ูˆุณู‰ ุฑุจู†ุง ุฅู†ูƒ ุฃุชูŠุช ูุฑุนูˆู† ูˆู…ู„ุฃู‡،ุฒูŠู†ุฉ ูˆุฃู…ูˆู„ุง ููŠ ุงู„ุญูŠูˆุฉ ุงู„ุฏู†ูŠุง ุฑุจู†ุง ู„ูŠุธู„ูˆุง ุนู† ุณุจูŠู„ูƒ،ุฑุจู†ุง ุฃุทู…ุณ ุนู„ู‰ ุฃู…ูˆู„ู‡ู… ูˆุงุดุฏุฏ ุนู„ู‰ ู‚ู„ูˆ ุจู‡ู… ูู„ุง ูŠุคู…ู†ูˆุงุญุชู‰ ูŠุฑูˆุง ุงู„ุนุฐุงุจ ุงู„ุฃู„ูŠู…. ู‚ุงู„ ู‚ุฏ ุงุฌูŠุจุช ุฏุนูˆุชูƒู…ุง ูุงุณุชู‚ูŠู…ุง ูˆู„ุง ุชุชุจุนุงู† ุณุจูŠู„ ุงู„ุฐูŠู† ู„ุงูŠุนู„ู…ูˆู†
"Musa berkata,"Ya Tuhan kami,sesungguhnya Engkau telah memberi kepada Firaun dan pemuka-pemuka kaumnya perhiasan dan harta kekayaan dalam kehidupan dunia. Ya Tuhan kami akibatnya mereka menyesatkan (manusia) dari jalan Engkau. Ya Tuhan kami,binasakanlah harta benda mereka dan kunci matilah hati mereka,maka mereka tidak beriman hingga mereka mendapat siksaan yg pedih. Allah berkata:Sesungguhnya telah diperkenankan permohonan kamu berdua,sebab itu tetaplah kamu berdoa pada jalan yg lurus dan janganlah sekali-kali kamu mengikuti jalan orang-orang yg tidak mengetahui."(QS. Yunus,10:88-89).
Dalam ayat 88 diatas jelas disebutkan bahwa yang berdoa hanyalah Nabi Musa,akan tetap mengapa didalam ayat 89 Allah menyatakan bahwa doa mereka berdua,yakni Nabi Musa dan Nabi Harun telah diterima. Ketika menjelaskan permasalahan ini para mufassir dalam berbagai tafsirnya seperti :
1. Ibnu Jarir Ath-Thabari,Tafsir Ath-Thabari,Al-Ma'rifah,1990,juz 11 hal 110.
2. Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad Al-Anshari Al-Qurthubi dalam kitab Al-Jami'u Li Ahkamil Quran,Darul Kutubil Islamiyyah,juz 1,hal 108.
3. Ismail bin Umar bin Katsir Ad-Dimsyqi dalam kitab Ibnu Katsir,juz 3,Darul Kutubil Arabiyyah,hal 438.

Menyatakan bahwa meskipun yg berdoa hanya Nabi Musa akan tetapi Nabi Harun mengaminkan doa beliau. Karena itulah Allah menyatakan doa keduanya dikabulkan karena orang yg mengaminkan doa sejatinya sama dengan orang yg berdoa. Jelaslah pada kisah diatas disebutkan bahwa Nabi Harun mengaminkan doa Nabi Musa.

๐Ÿ“— Dalil kedua, Iman Hakim dalam kitab Al-Mustadrak Alash Sahihain,Darul Kutibil Ilmiah,1990,Juz III,hal 390 menyebutknn bahwa Rasulullah bersabda:

ู„ุง ูŠุฌุชู…ุน ู…ู„ุง ููŠุฏุนูˆ ุจุนุถู‡ู… ูˆูŠุคู…ู† ุงู„ุจุนุถ ุฅู„ุง ุฃุฌุงุจู‡ู… ุงู„ู„ู‡
"Tidaklah berkumpul sekelompok orang,kemudian salah seorang diantara mereka berdoa dan sebagaian lainnya mengaminkan doanya,melainkan Allah mengabulkan doa mereka semua."(HR. Al-Hakim).


๐Ÿ“ƒ Dalil ketiga, dalam kitab shahihnya Ibnu Hibban meriwayatkan bahwa Sayyidina Abu Hurairah menceritakan bahwa pada suatu hari ketika naik mimbar,Rasulullah mengucapkan aamin 3 kali berturut-turut,seseorang lantas bertanya kepada beliau,"Duhai Rasulullah mengapa ketika naik mimbar tadi engkau mengucapkan aamin sebanyak 3 kali berturut-turut?" Maka beliau bersabda:

ุฅู† ุฌุจุฑูŠู„ ุฃุชุงู†ูŠ ูู‚ุงู„: ู…ู† ุฃุฏุฑูƒ ุดู‡ุฑ ุฑู…ุถุงู† ูˆู„ู… ูŠุบูุฑู„ู‡ ูุฏุฎู„ ุงู„ู†ุงุฑ ูุฃุจุนุฏู‡ ุงู„ู„ู‡ ู‚ู„:ุขู…ูŠู†،ูู‚ู„ุช:ุขู…ูŠู†،ูˆู…ู† ุฃุฏุฑูƒ ุฃุจูˆูŠู‡ ุฃูˆ ุฃุญุฏู‡ู…ุง،ูู„ู… ูŠุจุฑู‡ู…ุง، ูู…ุงุช ูุฏุฎู„ ุงู„ู†ุงุฑ ูุฃู„ุนุฏู‡ ุงู„ู„ู‡ ู‚ู„:ุขู…ูŠู†،ูู‚ู„ุช:ุขู…ูŠู†.ูˆู…ู† ุฐูƒุฑุช ุนู†ุฏู‡،ูู„ู… ูŠุตู„ ุนู„ูŠูƒ ูู…ุงุช ูุฏุฎู„ ุงู„ู†ุงุฑ ูุฃุจุนุฏู‡ ุงู„ู„ู‡ ู‚ู„: ุขู…ูŠู†،ูู‚ู„ุช:ุขู…ูŠู†
"Sesunguhnya Jibril mendatangiku dan berkata, 'Barangsiapa berjumpa dengan bulan Ramadhan kemudian ia tidak memperoleh ampunan dan masuk neraka,maka semoga Allah melaknatnya,ucapkanlah aamin,maka aku mengucapkan aamin. Dan barangsiapa mendapati kedua orang tuanya atau salah satu dari mereka,akan tetapi tidak berbakti kepadanya keduanya,kemudian ia meninggal dunia dan masuk neraka,maka semoga Allah melaknatnya,ucapkanlah aamin,maka akupun mengucapkan aamin. Dan barangsiapa disebut dirimu disisinya,kemudian dia tidak mau bersholawat kepadamu,dan setelah itu ia meninggal dunia serta masuk neraka,maka semoga Allah melaknatnya,katakanlah aamin,maka akupun mengucapkan aamin.(HR. Hibban).
Hadits diatas jelas Rasulullah mengaminkan doa Malaikat Jibril.

๐Ÿ“„ Dalil keempat,mengaminkan doa bukan hanya dilakukan oleh manusia,para malaikat juga mengaminkan doa bagi umat Islam. Dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda:

ู…ู† ู‚ุฑุฃ ุงู„ู‚ุฑุขู† ุซู… ุฏุนุง،ุฃู…ู† ุนู„ู‰ ุฏุนุงุฆู‡ ุฃุฑุจุบุฉ ุขู„ุงู ู…ู„ูƒ
"Barangsiapa membaca Al-quran(mengkhatamkannya) kemudian dia berdoa,maka 4000 malaikat mengaminkan doanya."(HR. Ad-Darimi).

ุฒุนูˆุฉ ุงู„ู…ุฑุกู…ุณุชุฌุงุจุฉ ู„ุฃุฎูŠู‡ ุจุธู‡ุฑ ุงู„ุบูŠุจ.ู‡ู†ุฏ ุฑุฃุณู‡ ู…ู„ูƒ ูŠุคู…ู† ุนู„ู‰ ุฏุนุงุฆู‡.ูƒู„ู…ุง ุฏุนุงู„ู‡ ุจุฎูŠุฑ ู‚ุงู„:ุขู…ูŠู†،ูˆู„ูƒ ุจู…ุซู„ู‡
"Doa seseorang untuk saudaranya tanpa sepengetahuannya adalah mustajab. Pada saat ia berdoa,disisi kepalanya ada satu malaikat yg mengaminkan doanya. Setiap kali ia mendoakan kebaikan untuk saudaranya maka malaikat itu berkata,"Aamin,semoga engkau juga mendapatkan seperti yg kaudoakan untuk saudaramu itu."(HR. Ad-Darimi).

ูˆุงู„ู„ู‡ ุงุนู„ู…...
Dinukil dari buku "Inilah Dalilnya" oleh Habib Novel Alaydrus

๐Ÿ“š๐ŸŽ‹๐ŸŽ‹๐ŸŽ‹๐ŸŽ‹======๐ŸŽ‹๐ŸŽ‹๐ŸŽ‹๐ŸŽ‹๐Ÿ“š

No comments:

Post a Comment