Monday, February 29, 2016

Inilah Dalilnya : Kesalehan Leluhur


๐ŸŒฟ Selain bermanfaat untuk mereka yg telah meninggal dunia,ternyata amal saleh seseorang juga bermanfaat untuk mereka yg belum lahir ke dunia. Allah telah menjelaskan bahwa kesalehan orang tua ternyata akan sangat bermanfaat untuk anak keturunannya kelak di akhirat. Terkadang orang mendapat kedudukan tinggi di surga bukan karena amal salehnya akan tetapi jasa orang tuanya atau amal saleh leluhurnya. Allah mewahyukan:

ูˆุงู„ุฐูŠู† ุฃู…ู†ูˆุง ูˆุงุชุจุนุชู‡ู… ุฐุฑูŠุชู‡ู… ุจุฅูŠู…ู† ุฃู„ุญู‚ู†ุงุจู‡ู… ุฐุฑูŠุชู‡ู… ูˆู…ุง ุฃู„ุชู†ู‡ู… ู…ู† ุนู…ู„ู‡ู… ู…ู† ุดูŠุก
"Dan orang-orang yg beriman yg diikuti oleh keturunannya dengan keimanan,Kami hubungkan (kumpulkan) keturunannya itu dengan mereka (di dalam surga). Dan (dengan itu) tidak sedikitpun Kami kurangi pahala amal-amal mereka."(QS. Thur,52:21).

๐Ÿ€ Seorang anak yg meninggal dunia diwaktu kecil,yg sama sekali belum memiliki amal,kelak di hari kiamat akan diletakkan dalam timbangan ayahnya. Orang tua akan memberikan syafaat kepada anak keturunannya dan sebaliknya, anakpun akan memberikan syafaat kepada orang tua (leluhurnya). Kita tidak tahu,siapakah diantara kita yg kelak di akhirat lebih banyak manfaatnya,orang tua ataukah anak. Allah mewahyukan:

ุฃุจุงุคูƒู… ูˆุฃุจู†ุงุคูƒู… ู„ุงุชุฏุฑูˆู† ุฃูŠู‡ู… ุฃู‚ุฑุจ ู„ูƒู… ู†ูุนุง
"(Tentang) orang tua kalian dan anak-anak kalian,kalian tidak mengetahui siapa diantara mereka yg lebih dekat (yg lebih banyak) manfaatnya untuk kalian."(QS. An-Nisa,4:11).

๐Ÿ“„ Ayat diatas sekaligus membuktikan bahwa seseorang dapat memperoleh pahala berkat amalan orang lain.

ูˆุงู„ู„ู‡ ุงุนู„ู…...
Dinukil dari buku "Inilah Dalilnya" oleh Habib Novel Alaydrus
๐Ÿ“š๐ŸŽ‹๐ŸŽ‹๐ŸŽ‹๐ŸŽ‹====[=๐ŸŽ‹๐ŸŽ‹๐ŸŽ‹๐ŸŽ‹๐Ÿ“š

No comments:

Post a Comment