Friday, January 29, 2016

Inilah Dalilnya : Melakukan Perjalanan Khusus Untuk Ziarah Kubur Para Nabi dan Wali


๐Ÿ‘ณ๐Ÿป Para Ulama menyatakan bahwa berziarah ke makam para Nabi-khususnya makam Rasulullah- dan makam para Wali merupakan salah satu sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah. Melalui ziarah tsb seorang Muslim dapat memetik banyak pelajaran,selain mendapat keberkahan dan kebaikan lainnya. Rasulullah bersabda:

ู…ู† ุฒุงุฑู‚ุจุฑูŠ ูˆุฌุจุช ู„ู‡ ุดูุงุนุชูŠ
"Barangsiapa menziarahi makamku maka dia pasti akan mendapat syafa'atku."( HR. Tirmidzi,Bazzar,Daruquthni dan Baihaqi).

ู…ู† ุฒุงุฑู†ูŠ ู…ุชุนู…ุฏุง ูƒุงู† ููŠ ุฌูˆุงุฑูŠ ูŠูˆู… ุงู„ู‚ูŠุงู…ุฉ
"Barangsiapa menyengajakan untuk berziarah kepadaku,maka kelak di hari kiamat dia berada dalam perlindunganku."(HR. Baihaqi).

ู…ู† ุญุฌ ูุฒุงุฑ ู‚ุจุฑูŠ ุจุนุฏ ูˆูุงุชูŠ ูƒุงู† ุฒุงุฑู†ูŠ ููŠ ุญูŠุงุชูŠ
"Barangsiapa menunaikan ibadah haji dan kemudian berziarah ke makamku setelah aku meninggal dunia,maka dia seperti sedang mengunjungiku pada saat hidupku."(HR. Thabrani,Daruquthni dan Baihaqi).

ู…ู† ุญุฌ ูˆู„ู… ูŠุฒุฑู†ูŠ ูู‚ุฏ ุฌูุงู†ูŠ
"Barangsiapa menunaikan ibadah haji tetapi tidak menziarahiku,maka dia telah meninggalkanku."(HR. Ibnu Hibban dan Daruquthni).

๐Ÿƒ Semua hadits diatas menunjukkan bahwa Rasulullah sangat menganjurkan kita untuk menziarahi makam beliau. Jika berziarah ke makam beliau dianjurkan,maka ziarah ke makam-makam Nabi lainnya juga tidak dilarang,begitu pula ziarah ke makan para Wali.

๐Ÿ“œ Dalam kitab Sunan Abu Dawud Kitabul Manasik Hadits No.1747 ditulis sebuah hadits bahwa Rasulullah bersama sejumlah sahabat menziarahi makam para Syuhada,pemakaman Baqi' dan makam kedua orang tua beliau yg diluar kota Madinah. Semua hal tsb menunjukkan bahwa menziarahi kubur orang-orang saleh baik Nabi maupun Waliyullah sangat dianjurkan dalam Islam.

Melakukan Perjalanan Khusus Untuk Ziarah Kubur Para Nabi dan Wali ~ 2 ๐Ÿš

๐ŸŒพ Apa makna hadits Rasulullah:

ู„ุง ุชุดุฏ ุงู„ุฑุญุงู„ ุฅู„ุง ุฅู„ู‰ ุซู„ุงุซุฉ ู…ุณุงุฌุฏ ุงู„ุญุฑุงู… ูˆู…ุณุฌุฏ ุงู„ุฃู‚ุตู‰ ูˆู…ุณุฌุฐูŠ
"Tidak diikat pelana unta kecuali untuk menuju 3 masjid,yaitu Masjidil Haram,Masjidil Aqsho dan Masjidku."(HR. Bukhori,Muslim,Tirmidzi,Nasai,Abu Dawud,Ibnu Majah,Ahmad dan Darim).

๐Ÿ“ƒ Hadits diatas tidak ada mengenai larangan untuk berziarah kubur,bahkan kata kubur sama sekali tidak disebut. Hadits ini hanya menjelaskan bahwa seseorang tidak usah bercapai-capai melakukan perjalanan jauh ke sebuah masjid demi mencari kemuliannya kecuali menuju 3 masjid diatas. Nilai ibadah di semua masjid selain ketiga masjid diatas adalah sama. Meski demikian kita masih boleh mengunjungi masjid yg berada jauh dari kita untuk mengenang sejarahnya dan mencari keberkahan di sana. Sebagaimana pada setiap Sabtu,Rasulullah mengunjungi masjid Quba sebagaimana dinyatakan oleh Sayyidina Abdullah bin Umar bin Khattab:

ูƒุงู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠุฃุชูŠ ู…ุณุฌุฏู‚ุจุงุก ูƒู„ ุณุจุช ู…ุงุดูŠุง ูˆุฑุงูƒุจุง
"Dahulu pada setiap hari Sabtu,Rasulullah mengunjungi masjid Quba berjalan kaki atau berkendaraan."(HR. Bukhori dan Muslim).
Oleh karena itu sungguh aneh jika hadits ini kemudian dijadikan sebagai dalil yg melarang kita untuk menziarahi kubur para Nabi dan kaum shalihin yg berada di luar kota,sedangkan orang yg pergi keluar negeri,ke negara-negara kafirpun tidak pernah dilarang.

๐Ÿƒ Mungkin ada yg menanyakan juga,"Jika berziarah kubur ke makam para Nabi atau Wali dianjurkan lalu apa makna sabda Rasulullah:

ุงู„ู„ู‡ู… ู„ุง ุชุฌุนู„ ู‚ุจุฑูŠ ูˆุซู†ุง ูŠุนุจุฏุงุดุชุฏ ุบุถุจ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ู‰ ู‚ูˆู… ุงุชุฎุฐูˆุง ู‚ุจูˆุฑ ุฃู†ุจูŠุงุฆู‡ู… ู…ุณุงุฌุฏ
"Ya Allah,jangan jadikan kuburanku sebagai arca yg disembah,sesungguhnya Allah sangat murka kepada sebuah kaum yg menjadikan makam Para Nabi mereka sebagai Masjid."(HR. Malik).

๐ŸŒด Mari kita perhatikan hadits diatas:
1⃣ Pertama,dalam hadits diatas Rasulullah berdoa agar makamnya tidak dijadikan arca yg disembah dan alhamdulillah doa Nabi ini dikabulkan oleh Allah SWT. Sejak 1400 tahun setelah wafatnya Rasulullah hingga saat ini,tidak ada satu muslimpun yg menjadikan makam Rasulullah sebagai arca yg disembah.

2⃣ Kedua,Nabi menjelaskan mengapa beliau berdoa demikian,yaitu karena umat terdahulu ada yg menjadikan makam-makam Nabi mereka sebagai masjid tempat sujud. Nabi memperingatkan umatnya agar mereka jangan meniru Bani Israil yg bersujud kepada makam para Nabi mereka,bukan bersujud kepada Allah sebagaimana tertuang dalam hadits Nabi:

ู„ุนู† ุงู„ู„ู‡ ุงู„ูŠู‡ูˆุฏ ูˆุงู„ู†ุตุงุฑู‰ ุงุชุฎุฐูˆุง ู‚ุจูˆุฑ ุฃู†ุจูŠุงุฆู‡ู… ู…ุณุฌุฏุง
"Allah melaknat orang-orang Yahudi dan Nasrani yg telah menjadikan makam para Nabi mereka sebagai tempat sujud(masjid).(HR. Bukhori,Muslim,Tirmidzi,Nasai,Abu Dawud,Ibnu Majah,Ahmad,Malik,Darimi).
Hadits ini justru bukti kemuliaan umat Nabi Muhammad yg dilindungi Allah dari kemusyrikan. Oleh karena itu sangat salah jika hadits ini dijadikan sebagai dalil untuk melarang seseorang muslim menziarahi makam Nabi dan para Wali karena kuatir akan dijadikan sesembahan,sedangkan pada kenyataannya anjuran untuk berziarah sangat banyak.

3⃣ Ketiga,banyak orang salah memahami arti hadits diatas sehingga mereka melarang umat Islam untuk sholat di masjid yg ada makam dan kuburannya. Padahal sejarah membuktikan bahwa makam Nabi,Abu Bakar,Umar bin Khattab berada dalam masjid Nabawi. Makam para Nabi Bani Israil berada disekeliling Masjidil Aqsha. Makam Ashabul Kahfi berada di masjid. Allah berfirman:

ู‚ุงู„ ุงู„ุฐูŠู† ุบู„ุจูˆุง ุนู„ู‰ ุฃู…ุฑู‡ู… ู„ู†ุชุฎุฐู† ุนู„ูŠู‡ู… ู…ุณุฌุฏุง
"Berkatalah orang-orang yg berkuasa atas urusan mereka,'Kami akan mendirikan sebuah masjid (tempat peribadatan) diatasnya."(QS. Al-Kahfi,18:21).

๐Ÿ“œ Mungkin ada ketidakpahaman jika memang kita dianjurkan menziarahi makam Nabi dan Kaum Shalihin,mengapa Rasulullah bersabda:

ู„ุง ุชุฌุนู„ูˆุง ุจูŠูˆุชูƒู… ู‚ุจูˆุฑุง ูˆู„ุงุชุฌุนู„ูˆุง ู‚ุจุฑูŠ ุนูŠุฏุง ูˆุตู„ูˆุง ุนู„ูŠ ูุฅู† ุตู„ุงุชูƒู… ุชุจู„ุบู†ูŠ ุญูŠุซ ูƒู†ุชู…
"Jangan jadikan rumah kalian (seperti) pemakaman,jangan jadikan makamku seperti hari raya dan bersholawatlah kepadaku karena dimanapun kalian berada,sholawat kalian akan sampai kepadaku."(HR. Abu Dawud).

๐ŸŒป Hadits diatas ada 3 hal penting yg harus diperhatikan:
1⃣  Pertama, jangan jadikan rumah kalian seperti pemakaman,artinya sepi dan sunyi. Tetapi jadikan rumah kalian ramai dengan ibadah. Ini merupakan anjuran Nabi agar kita banyak melakukan sholat sunnah dan berdzikir dirumah,sehingga rumah kita tidak menjadi sunyi dan senyap.

2⃣ Kedua, jangan jadikan makam Nabi seperti hari raya. Sebagaimana kita ketahui,hari rays datang setahun sekali dan pada tanggal tertentu. Hadits ini justru merupakan anjuran untuk sering menziarahi makam Nabi. Nabi mengingatkan agar kita tidak melupakan makam beliau dan hanya mengingatnya setahun sekali. Akan tetapi hendaknya kita berusahan sesering mungkin mengunjungi makam Nabi dan meramaikannya dengan bersholawat dan berdzikir kepada Allah. Sesungguhnya Nabi hidup dimakamnya dan kita yg penuh dengan dosa ini dianjurkan untuk senantiasa mendatangi Nabi. Allah mewahyukan:

ูˆู„ูˆ ุฃู†ู‡ู… ุฅุฐุธู„ู…ูˆุง ุฃู†ูุณู‡ู… ุฌุขุคูˆูƒ ูุงุณุชุบูุฑูˆุง ุงู„ู„ู‡ ูˆุงุณุชุบูุฑ ู„ู‡ู… ุงู„ุฑุณูˆู„ ู„ูˆุฌุฏูˆุง ุงู„ู„ู‡ ุชูˆุงุจุง ุฑุญูŠู…ุง
"Sesungguhnya jikalau mereka ketika menganiaya dirinya,datang kepadamu, lalu mereka memohon ampun kepada Allah dan Rasulpun memohonkan ampun untuk mereka,tentulah mereka mendapati Allah Maha Penerima Taubat dan Maha Penyayang."(QS. An-Nisa,4:64).
Dalam ayat ini ketika seorang muslim berbuat dholim kepada dirinya sendiri dengan melakukan berbagai perbuatan dosa,ia dianjurkan untuk mendatangi Rasulullah dan meminta beliau untuk memohonkan ampun kepada Allah.

๐Ÿ“• Dalam Tafsir Ibnu Katsir diceritakan bahwa ada seorang badui berziarah ke makam Nabi. Sesampainya didepan makam Nabi,badui berkata," Salam sejahtera bagimu wahai Rasulullah. Aku mendengar Allah mewahyukan:

ูˆู„ูˆ ุฃู†ู‡ู… ุฅุฐุธู„ู…ูˆุง ุฃู†ูุณู‡ู… ุฌุขุคูˆูƒ ูุงุณุชุบูุฑูˆุง ุงู„ู„ู‡ ูˆุงุณุชุบูุฑ ู„ู‡ู… ุงู„ุฑุณูˆู„ ู„ูˆุฌุฏูˆุง ุงู„ู„ู‡ ุชูˆุงุจุง ุฑุญูŠู…ุง
"Sesungguhnya jikalau mereka ketika menganiaya dirinya,datang kepadamu, lalu mereka memohon ampun kepada Allah dan Rasulpun memohonkan ampun untuk mereka,tentulah mereka mendapati Allah Maha Penerima Taubat dan Maha Penyayang."(QS. An-Nisa,4:64).
Sekarang aku telah datang kepadamu,mengharap syafa'atmu agar Allah mengampuni dosaku." Badui itu lalu mengucapkan beberapa syair:

ูŠุงุฎูŠุฑ ู…ู† ุฏูู†ุช ุจุงู„ู‚ุงุน ุฃุนุธู…ู‡#
Duhai sebaik-baik manusia yg jasadnya terkubur di bumi karena keharumannya

ูุทุงุจ ู…ู† ุทูŠุจู‡ู† ุงู„ู‚ุงุน ูˆุงู„ุฃูƒู…#
Dataran rendah dan tinggi menjadi semerbak mewangi

ู†ูุณูŠ ุงู„ูุฏุงุก ู„ู‚ุจุฑ ุฃู†ุช ุณุงูƒู†ู‡#
Kujadikan diriku sebagai tebusan bagi kubur yg Engkaulah penghuninya

ููŠู‡ ุงู„ุนูุงู ูˆููŠู‡ ุงู„ุฌูˆุฏ ูˆุงู„ูƒุฑู…#
Dalam kubur tsb terdapat obat kedermawanan dan kemurahan.

๐Ÿ’Š Setelah itu si Badui pergi meninggalkan makam Rasulullah. Atabi yg saat itu berada disana,tak kuasa menahan kantuk,ia pun tertidur. Dalam tidurnya dia bermimpi bertemu dg Rasulullah dan beliau memerintahkannya untuk mengejar Badui dan menyampaikan kabar gembira bahwa Allah telah mengampuninya

3⃣ Ketiga,jika belum mampu berziarah ke makam Nabi maka perbanyaklah sholawat dan salam kepada Rasulullah,sebab sholawat dapat kita lakukan kapanpun dan dimanapun. Dengan sholawat yg kita baca maka sholawat tsb akan sampai kepada baginda Rasulullah SAW.

ูˆุงู„ู„ู‡ ุงุนู„ู…....
Dinukil dari buku "Inilah Dalilnya" oleh Habib Novel Alaydrus

๐Ÿ“š๐ŸŽ‹๐ŸŽ‹๐ŸŽ‹๐ŸŽ‹======๐ŸŽ‹๐ŸŽ‹๐ŸŽ‹๐ŸŽ‹๐Ÿ“š

No comments:

Post a Comment